Minggu, 18 September 2011

Bentuk Karangan


Tugas Bahasa Indonesia 5
Bentuk Karangan
1.      Eksposisi
Liburan
Liburan sekolah merupakan saat dimana siswa-siswi menenangkan pikirannya. Karna tidak mungkin seorang manusia terus menerus melakukan aktifitas tanpa ada istirahat / liburan. Karna bila manusia tidak istirahat / liburan maka manusia itu badannya akan kelelahan dan mudah terserang penyakit. Jadi liburan itu sangat perlu. Tapi meskipun begitu kita pun tidak boleh melanggar batas liburan yang ditetapkan.
            Tujuan liburan agar siswa –siswi dapat istirahat. Dan manfaatnya siswa- siswi bisa lebih meningkatkan motifasi belajarnya. Saat liburan siswa-siswi  bisa menambah pengalaman. Tapi dalam waktu berlibur kita harus pergunakan dengan sebaik- baiknya, jangan kita  liburan  malah dipakai hal negatif yang nantinya kita juga yang akan rugi.
2.      Argumentasi
Menanam pohon
               Menanam pohon merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap kelestarian di  lingkunan kita.  Karna pada saat ini jumlah hutan negara kita semakin berkurang karena adanya  penebangan liar. Akibatnya terjadinya pemanasan gelobal, susahnya mencari air bersih pada saat musim kemarau, para petani mengalami kerugian karena perkebunannya tidak mendapatkan air.
             Dengan kita menanam pohon  kita bisa menjaga lingkungan kita agar tidak kesulitan air pada saat kemarau. Selain itu petani pun tidak akan kesulitan dengan air. Jadi kita harus menanam pohon untuk kehidupan kita di masa sekarang maupun yang akan datang.
3.      Dekskripsi
Situ kabuyutan
            Situ kabuyutan yang terdapat di kec. Pakenjeng Ds. Pasirlangu sering di jadikan objek wisata.  Waktu tempuh dari garut ke daerah pakenjeng sekitar 3 jam , situ ini hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena letaknya berada di tengah hutan pinus yang masih lebat.
Karena panoramanya yang sangat indah, udaranya sangat sejuk dan pemandangannya sangat indah , situ ini banyak di kunjungi wisatawan lokal. Namun yang banyak mengunjungi situ itu adalah para pemancing. Terang saja, karena di situ ini  terdapat  bermacam- macam ikan yang hidup liar dalam jumlah yang cukup banyak, seperti ikan mas, nilem, mujair, dan gurame.  
Situ kabuyutan biasanya ramai pada hari minggu atau hari- hari libur lainnya. Para penduduk biasanya pergi ke situ kabuyutan sambil mencari kayu bakar. Ada juga yang muda –mudi yang pergi ke sana untuk memanggang ayam/ ikan . di situ setiap orang yang datang di larang berenang karena situnya dalam, dan juga di larang buang sampah sembarangan.

4.      Persuasi
Meroko
Meroko sangat buruk untuk kesehatan. Karena di dalam roko terdapat kandungan nikotin dan bahan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan.  Meroko juga dapat mennyebabkan orang yang ketergantungan, gangguan kehamilan, serangan jantung dll. Sebagian besar masyarakat indonesia meroko, bahkan sampai anak- anak dan pelajar di bawah umur sudah meroko.
            Seharusnya masyarakat harus bisa mempunyaai kesadaran sendiri untuk menghindari meroko. Karna tidak hanya peroko yang terkena penyakit orang yang menghirup roko pun akan terkena penyakit.  Jadi kita harus menghindari dari meroko.
Marilah kita sama- sama menjauhi meroko.
5.      Narasi
Pergi ke rumah nenek
            Pada saat libur sekolah saya pergi ke rumah nenek yang berada kp. Nangkaruka  kec. Pakenjeng, pada hari minggu. Jalan menuju ke sanah cukup jauh , pemandangannnya cukup indah dan udaranya pun terasa sejuk , tapi meskipun begitu kami sekeluarga tetap semangat pergi berlibur ke rumah nenek.
            Sesampainya di sana kami istrihat dan makan sesudah itu saya meliahat buah- buahan yang berada dekat rumah nenek dan saya pun memetik buah yang matang. Kemudian buah yang saya petik itu di makan bersama- sama.
            Keesokan harinya kami pergi ke ladang padi, karna di sebelahnya ada kolam kami pun memancing ikan. Setelah ikannya kami dapatkan ikannya pun langsung kami bakar. Setelah matang kami memakan ikan bersama- sama.  Setelah selesai kami pun pulang ke rumah nenek. Setelah  sampai di rumah nenek, kami  berpamitan untuk pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar